Pendampingan Penyusunan Perencanaan Desa (RPJM Desa dan RKP Desa)

Pendampingan Penyusunan Perencanaan Desa (RPJM Desa dan RKP Desa)

Regulasi desa sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menempatkan kedudukan desa menjadi sangat strategis. Hal ini ditandai dengan adanya pemberian kewenangan yang cukup luas dalam bentuk kewenangan asal usul dan kewenangan skala desa. Kewenangan yang telah diberikan memberikan peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa. Di sisi lain, dapat menjadi ancaman kalau desa tidak ditopang dengan kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengelola kewenangan yang telah diberikan.Selain itu, kebijakan pemerintah menetapkan arah pengelolaan pemerintahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan reformasi birokrasi, merupakan pilihan yang rasional (rational choice). Pilihan ini diyakini dapat mendorong pencapaian tujuan pembangunan desa, yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan warga desa.

Penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik sulit diwujudkan bilamana kapasitas aparatur pemerintah desa dan seluruh Kelembagaan Masyarakat Desa tidak memadai. Ada tiga kemampuan yang harus dimiliki oleh perangkat desa yaitu: 1) kemampuan dasar; 2) kemampuan manajemen; dan 3) kemampuan kemampuan teknis. Kemampuan dasar yang harus dimiliki perangkat desa adalah meliputi: pengetahuan tentang regulasi desa, pengetahuan tentang dasar-dasar pemerintahan desa, dan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi. Kemampuan manajemen meliputi: manajamen SDM, manajemen pelayanan publik, manajamen asset, dan managemen keuangan. Sedangkan Kemampuan Teknis meliputi: penyusunan administrasi desa, penyusunan perencanaan pembangunan, penyusunan anggaran, penyusunan Perdes, dan pelayanan publik.Dalam rangka peningkatan profesionalisme aparatur pemerintah desa, mutlak diperlukan pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa yang melingkup 3 kemampuan tersebut di atas.

Untuk itu, Ruang Media Solusi merancang skema pengembangankapasitas pemerintah desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan menawarkannya dalambentuk pelatihan/ Bimtek sebagai berikut:

1.Penyusunan Perencanaan Desa (RPJM Desa dan RKP Desa);

2.Pengelolaan Keuangan Desa;

3.Pengelolaan Aset Desa;

4.Penyusunan Regulasi Desa;

5.Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa);

6.Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa;

7.Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa;

8.Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa;

9.Peningkatan Kemampuan Teknis Warga Desa;

10.Peningkatan Kapasitas DPMD dan Camat dalam Pembangunan Desa;

11.Pelatihan/Bimtek lainnya sesuai dengan kebutuhan/Permintaan

Sehubungan dengan perihal tersebut di atas, dengan ini kami penawaran kerjasama dalam pelaksanaan Pelatihan/Bimtek dalam rangka pengembangan profesionalisme Pengelolaan Pembangunan Desa.

Informasi selengkapnya silahkan menghubungi Customer Service Kami.

(Visited 5 times, 1 visits today)

WhatsApp us